Microsoft Power Point
Microsoft
PowerPoint atau Microsoft Office PowerPoint atau
PowerPoint adalah sebuah program komputer untuk presentasi yang dikembangkan oleh Microsoft di dalam paket
aplikasi kantoran mereka, Microsoft Office, selain Microsoft Word, Excel, Access dan beberapa
program lainnya. PowerPoint berjalan di atas komputer PC berbasis sistem operasi Microsoft Windows dan juga Apple Macintosh yang menggunakan sistem operasi Apple Mac OS, meskipun pada awalnya aplikasi ini
berjalan di atas sistem operasi Xenix. Aplikasi ini sangat banyak digunakan,
apalagi oleh kalangan perkantoran dan pebisnis, para pendidik, siswa,
dan trainer. Dimulai
pada versi Microsoft Office System 2003, Microsoft mengganti nama dari
sebelumnya Microsoft PowerPoint saja menjadi Microsoft Office PowerPoint. Lalu,
pada Office 2013, namanya cukup disingkat PowerPoint. Versi terbaru dari
PowerPoint adalah versi 15 (Microsoft Office PowerPoint 2013), yang tergabung
ke dalam paket Microsoft Office 2013.
Dasar-dasar
penggunaan Microsoft PowerPoint 2007 sama dengan aplikasi program office yang
lain, baik secara penyimpanan maupun cara membuka filenya. Hanya saja, dalam
pembuatan sebuah presentasi ada beberapa tahapan yang harus dilakukan.
Misalnya, mempersiapkan layout presentasi.
1. Aktifkan program Microsoft PowerPoint 2007.
2. Membuat Presentasi
Slide
pertama presentasi biasanya berisi judul dan subjudul. Secara default,
saat program Microsoft PowerPoint 2007 diaktifkan pada lembar kerja akan secara
otomatis tampil kotak judul dan subjudul presentasi. Untuk menuliskannya, klik
kotak "Click to add title", lalu ketikan judul
presentasi, misalnya "COMPANY PROFILE IMPROVE COMPUTER" (maaf nich
nama usaha kecil2an punyaku... he hee...). Trus.., pada sub-title alamat
perusahaan, misal: Jl. Kelir-Manyaran No.012, Manyaran KM.02.
3. Membuat dan Mengedit Teks.
Untuk
menambahkan teks pada desain slide, pilih Ribbon Insert. Pada
group Text> klik Text Box, lalu ketikan
teks yang diinginkan. Jika teks yang dituliskan tidak sesuai. Anda bisa
mengeditnya dengan mengklik teks yang akan diedit.
4. Menggunakan Outline
Outline
adalah bagian dari aplikasi Microsoft Power Point 2007 yang terletak di sisi
kiri lembar kerja. Cara menampilkan outline adalah dengan mengklik tab Outline yang
terletak di bawah Ribbon. Pada outline akan ditampilkan objek atau teks
yang menjadi bagian slide aktif. Anda juga bisa mengedit teks melalui outline dengan
cara seleksi teks pada ourline baru kemudian mengedit teks.
5. Membuat catatan
Anda
dapat juga menambahkan catatan pada slide dengan mengklik area "Click
to Add Notes" di bawah slide. Setelah itu ketikkan catatan slide
yang akan ditambahkan.
6. Menyimpan File Presentasi
Cara
menyimpan file presentasi sama seperti menyimpan file presentasi pada Microsoft
Power Point versi sebelumnya dengan save tool pada Quick
Access toolbar. Ketikkan nama file dan tujuan yang diinginkan.
Pilih Power Point Presentation di bagian Save as Type,
dan akhiri dengan mengklik Save.
7. Mengatur Desain Presentasi
Untuk mempercantik presentasi, anda bisa
menambahkan desain yang menjadi bawaan dari aplikasi Microsoft Power Point 2007
melalui Ribbon Design. Ribbon itu memungkinkan anda untuk
menambahkan desain latar belakang slide dengan mengaktifkan slide, lalu pilih
Ribbon Design. Pada group Themes pilih salah satu
desain slide. Untuk menampilkan semua pilihan desain, klik Slide yang akan
dipilih akan ditampilkan pada halaman kanvas.
8. Mengatur Format teks
Format teks yang dimaksud di sini adalah
seperti pengaturan ukuran, jenis font, warna teks dan sebagainya. Untuk
mengatur format teks, seleksi teks dan gunakan Group Font dengan
mengaktifkan Ribbon Home terlebih dahulu. Pilih salah satu
icon untuk mengatur format teks.
a. Menggunakan Kotak Dialog Font
Anda bisa juga mengedit teks menggunakan
kotak dialog Font dengan memilih Ribbon Home. Lanjutkan dengan
menyorot Group Font, lalu klik anak panah di sudut kanan
bawah.
b. Menggunakan Bullet and Numbering
Bullet and Numbering seriing digunakan untuk
menuliskan poin-poin bahasan dalam presentasi. Untuk menambahkan Bullet atau Numbering,
gunakan cara di bawah ini:
1. Seleksi bagian yang akan ditambah bullet
atau numbering.
2. Pilih Ribbon Home>
Bullet> atau Numbering pada Group Paragraph.
3. Pilih bentuk bullet atau numbering yang
diinginkan.
9. Tenik Penggunaan Warna
Selain teknik pengaturan desain presentasi, teknik
penggunaan warna (atau biasa disebut theme) juga mempengaruhi hasil akhir
presentasi yang disajikan. Cara mengatur theme adalah dengan memilih
Ribbon Design. Kemudian, pilih warna dengan mengklik Color pada
Group Themes.
10. Mengubah Warna Background
Jika kurang menyukai warna Background theme,
anda bisa mengubahnya melalui Ribbon Design dan memilih Background
Style pada Group Background. Akan muncul berbagai warna
Background, anda bisa juga mengubah style Background secara manual dengan
memilih Format Background pada kotak Background Style.
Pada pilihan itu, anda bisa mengatur style lebih detail. Warna yang bisa
dipilih juga lebih bervariasi, misalnya warna gradasi, tekstur atau bahkan
gambar.
11. menggunakan Master Presentasi
Master Presentasi biasanya menjadi bagian
dari template, termasuk di dalamnya teks, objek, theme, font, shapes dan
sebagainya. Untuk membuat master presentasi, pilih Ribbon View. Pada
group Presentase Views, pilih Slide Master,
lalu ketik teks yang diinginkan.
0 komentar:
Posting Komentar